Design Grafis dan Animasi

08.37



Siapa sih yang tidak pernah dengar dan tidak kenal dengan “Design Grafis”? Pasti udah pernah dengar dan tidak asing lagi kan. So pada kali ini saya akan membahas tentang “Design Grafis”. Yuk langsung saja kita bahas tanpa basa basi lagi!

Apa itu Design Grafis?

Design grafis atau rancang grafis merupakan cabang ilmu dari seni yang berkomunikasi menggunakan elemen visual, contoh nya itu seperti tulisan, bentuk, dan gambar. Yang dibuat untuk menciptakan sebuah persepsi akan suatu pesan yang ingin disampaikan dan  bidang ini merupakan sebuah bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis itu mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.

Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, desain yang berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan grafis yaitu titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak.

Desain grafis pada awalnya itu diterapkan untuk sebuah media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Pada perkembangan zaman, desain grafis kemudian diterapkan juga dalam media elektronik, yang sering kali disebut dengan desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang sebuah desain.

Jenis Design Grafis

Jenis design grafis itu ada 2 yaitu :

Grafis Vektor

Grafis Vektor merupakan sebuah gambar yang dibentuk dari kombinasi titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu sehingga dapat menghasilkan sebuah objek dua dimensi atau tiga dimensi, misalnya bujur sangkar, lingkaran, segi tiga, poligon dan lain sebagainya untuk objek dua dimensi, bola, kubus, limas, tabung dan lain sebagainya untuk objek tiga dimensi.

Grafis Bitmap

Grafis Bitmap merupakan sebuah gambar yang dibentuk dari kumpulan titik - titik dan kombinasi piksel warna. Yang pada setiap titik, grafis bitmap memiliki tempat dan juga warna tersendiri yang nantinya membentuk sebuah tampilan gambar. Dan apabila mensetting jumlah titik pada grafis semakin banyak, maka gambar yang dihasilkan akan menjadi lebih halus.

Software Design Animasi


Berikut ini software yang digunakan untuk design animasi :

1.      Blender


Blender merupakan sebuah aplikasi terbaik dan sudah banyak digunakan oleh animator professional dan studio animasi untuk membuat sebuah animasi. Blender bersifat open source yang bisa digunakan dengan free atau gratis.

Selain digunakan untuk membuat animasi Blender juga dapat digunakan untuk membuat objek-objek 3D, dan mengedit video.

Selain itu Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya. Kelebihan
yang dimilikinya yaitu dapat membuat game tanpa menggunakan program
tambahan lainnya, yang di karenakan Blender sudah memiliki Game Engine sendiri dan
menggunakan Python sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang
menggunakan C++,C, dll.

Dan yang paling kerennya yaitu Blender selain dapat digunakan di Windows, Blender juga bisa digunakan di Linux, hingga MacOS.

2.      Synfig Studio


Berbeda dengan Blender, Blender untuk membuat animasi 3D, Sedangkan Synfig Studio untuk membuat animasi 2D. Jika kalian ingin membuat kartun, atau animasi-animasi 2D lainnya. Synfig Studio sangat cocok untuk digunakan.

Sama seperti Blender, Synfig Studio juga dapat digunakan di Windows, MacOS, dan juga Linux.


3.      Pivot Animator


Kita sudah pasti sering melihat animasi-animasi stickman yang sedang bertarung dengan seru pastinyakan? Nah, animasi-animasi stickman itu dapat kita buat dengan aplikasi pivot animator ini.

Aplikasi Pivot Animator ini sangatlah simple sekali. Bagaimana tidak, karena karakter-karakter yang bisa kamu buat menjadi animasi dalam aplikasi ini adalah karakter stickman yang sangat simple sekali. Walaupun bisa dibilang sangat simpel, tapi kita masih tetap bisa membuat sesuatu yang keren dengan aplikasi animasi ini.

Dan sangat disayangkan pada aplikasi ini memiliki Kekurangan yaitu hanya dapat digunakan di Windows saja.


4.      Aurora 3D Animation Maker


Aurora 3D animation maker merupakan aplikasi yang bisa kita dapatkan dengan cukup mendownload di internet ini. Sangat cocok untuk mengedit video yang sudah ada di dalam laptop atau komputer kita, dan bisa menyisipkan objek 3 dimensi di dalam video tersebut, dengan adanya objek 3 dimensi itu sendiri dapat menaikan nilai plus terhadap video tersebut. Dan terdapat satu keunggulan lagi dari aplikasi ini yaitu bisa untuk presentasi jadi tidak usah berpindah aplikasi untuk mempresentasikan hasil karya kita.

Sama seperti Pivot Animator aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk di Windows saja.


5.      Anime Studio


Anime Studio merupakan sebuah aplikasi yang sangat cocok untuk membuat animasi 2D seperti Anime yang sama seperti namanya Anime Studio. Sama seperti Blender aplikasi ini sudah banyak digunakan dibanyak kalangan, Mulai dari para penghobi, mahasiswa yang baru belajar, para professional dan studio animasi.

Sama seperti Pivot Animator dan Aurora 3D animation maker aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk di Windows saja.

Referensi




You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images

Scary Pumpkin

Subscribe