Sejarah & Pengertian Animasi

08.51


Sejarah Animasi di Indonesia
Animasi mulai merambah ke Indonesia sejak ditemukannya Cave Pinting yang mempunyai cerita tentang binatang buruan atau hal-hal mistis. Pada tahun 1933 sangat banyak koran lokal yang memuatkan iklan Walt Disney, dan pada tahun 1955 Presiden Soekarno sangat mengapresiasi seni, sampai mengirim sorang seniman bernama Dukut Hendronoto atau biasa disebut dengan sebutan “Pak Ook” untuk memperdalam ilmu seninya di studio Walt Disney. Setelah memperdalam ilmu seni selama 3 bulan “Pak Ook” kembali ke Indonesia dan membuat film animasi pertama kali dengan film bernama “Si Doel Memilih“.

Tahun 1963 Dukut Hendronoto terjun ke dalam satu stasiun TV di Indonesia milik negara dan mulai mengembangkan animasi di dalam salah satu program, namun program itu dilarang. Pada tahun tersebut stasiun TV itu adalah satu-satunya stasiun TV di Indonesia.

Di tahun 70-an terbentuk studio animasi di Jakarta bernama Anima Indah. Anima Indah masuk ke dalam salah satu pelopor animasi di Indonesia dan sampai menyekolahkan crewnya sampai ke Inggris, Jepang, Amerika dan banyak negara yang lainnya.



Lalu pada tahun 90-an sudah banyak sekali film animasi yang ada di Indonesia diantaranya Legenda Buriswara, Nariswandi Piliang, Satria Nusantara yang pada eranya masih menggunakan kamera seluloid 35mm, lalu muncul serial Hela, Heli, Helo film animasi 3D pertama yang dibuat di Surabaya.


Pengertian Animasi

Sekumpulan dari berbagai objek yang disusunkan secara khusus sehingga dapat bergerak dengan alur yang sudah ditentukan setiap hitungan waktu. Objek yang kita maksud yaitu seperti gambar manusia, tulisan teks, gambar tumbuhan, gedung, gambar hewan dan lain – lainnya.



Animasi juga merupakan grafika yang dapat menampilkan suatu gerakan secara berurutan dengan cepat sehingga objek yang kita lihat terlihat seperti hidup. Dengan perencanaan yang benar dan matang maka alur pergerakan animasi akan menarik untuk di tonton. Jika dalam dunia multimedia animasi merupakan cara menggunakan program pada komputer untuk menghasilkan suatu gerakan pada objek layar. Sering kita sebut seorang yang membuat animasi dapat kita kenal dengan sebutan Animator.

 



Referensi :



·         Andriyani53

·         Popcon.Asia

·         MaxManRoe

·        Pengertianku














You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images

Scary Pumpkin

Subscribe