Perbandingan Robot Manusia di Asia

05.17



Robot merupakan seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot ini berawal dari bahasa Ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan.
Berikut ini robot robot canggih yang seperti manusia di Asia 
Erica : Robot buatan jepang


Robot android cantik yang mirip dengan manusia ini diberi nama Erica ini merupakan ciptaan dari Profesor Ishiguro. Erica merupakan hasil kolaborasi antara Japan Science and Technology Agency dan Kyoto University. Erica tidak hanya didesain layaknya cewek cantik, tapi juga memiliki kemampuan berbicara dengan bahasa tubuh.

meski terlihat kaku, Erica terlihat mirip dengan manusia. Dia bisa berkedip, miringin kepala, punya mimik wajah yang mencerminkan emosi, gerakin bibir, serta ngelakuin bahasa tubuh saat bicara.

Jia Jia : Robot buatan Tiongkok


Robot humanoid ini dibuat pada tahun 2016 dan diciptakan oleh tim insinyur robotika dari University of Science and Technology of China. Robot cantik ini diberi nama Jia Jia. Robot yang disebut “Robot Goddess” alias dewi robot ini sangat mempesona dan pandai berbicara. Bahkan, dia bisa melontarkan pujian kepada orang lain, mirip seperti manusia. Begitu miripnya dengan manusia, banyak orang mengira robot ini adalah seorang manusia karena dia terlihat seolah-olah mengembuskan napas.

Robot ini diklaim bisa mengambil alih pekerjaan manusia seperti bekerja di restoran, hotel, dan pekerjaan rumah tangga di masa depan. Canggihnya, Jia Jia memiliki kemampuan mengenali wajah dan mempelajari sesuatu layaknya manusia. Meski belum bisa jalan sendiri, Jia Jia memiliki keterampilan bicara mengesankan yang membedakan dengan robot lainnya.

Bimax : Robot buatan Indonesia


Bimax robot hasil ciptaan Mahasiswa Bina Nusantara (Binus) University yaitu Lazuardi Kuwandy, Oey Kevin Wijaya, dan Christian Tarunajaya. Mereka berhasil menciptakan intelligent humanoid robot pertama di Tanah Air yang mampu mengenal wajah manusia dan berinteraksi menggunakan Bahasa Indonesia.

Selain dapat mengenal ucapan manusia dan meresponsnya dalam Bahasa Indonesia, robot ini juga merupakan satu-satunya robot humanoid di Indonesia yang bisa melakukan hal secanggih ini.

Dalam berinteraksi dengan Bahasa Indonesia, diketahui Bimax ini disematkan teknologi dari Google, yakni voice recognition, teknologi pengenalan suara  Sekilas mendengar suara dari Bimax akan mirip dengan fitur suara yang ada di Google Translate.

Mengenai jeroannya, Bimax terdiri dari dua sistem, yaitu robot system dan raspberry pi system. Robot system berguna untuk sistem pergerakan motor, sedangkan raspberry pi system berfungsi sebagai pengontrol robot.

Untuk cara kerjanya, Bimax pertama-pertama akan mendeteksi wajah pengguna yang kemudian terjadi proses pelatihan pengenalan wajah. Setelah itu, raspberry pi system akan mengirimkan sinyal ke pengendali robot untuk menggerakkan motor robot.
Kesimpulan
Jadi kesimpulannya yaitu teknologi didunia semakin cangih kita sudah bisa melihat perbandingan dari 3 negara di Asia tersebut yaitu Jepang, Tiongkok, dan Indonesia. Jepang terkenal memiliki teknologi yang paling maju atau canggi. Tidak mau kalah dari Jepang, Tiongkok dan Indonesia sudah bisa kita lihat dari atas 2 negara tersebut  sudah mulai berkembang teknologi nya  seperti Tiongkok sudah berhasil membuat Robot Jia Jia yang mirip sekali dengan manusia, Indonesia sudah berhasil membuat Bimax yang walaupun robot tersebut tidak berbentuk atau berwujud seperti manusia tapi sudah bisa melakukan hal seperti manusia. 
Diharapkan pemerintah Indonesia dapat lebih memberikan apresiasi dan perhatiannya kepada para pelaku di bidang robotika, baik itu pencipta maupun pengguna. Dan pemerintah juga harus memberikan edukasi dan memotivasi kreativitas masyarakat, khususnya anak-anak.
Referensi

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images

Scary Pumpkin

Subscribe