Teknologi Sistem Cerdas

12.02

 
Apakah itu Teknologi Sistem Cerdas?

Teknologi Sistem Cerdas atau yang lebih dikenal dengan Kecerdasan Buatan atau nama lainnya Artificial Intelligence (AI) merupakan kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah yang diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Sistem ini dikembangkan untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan masalah, biasanya diselesaikan melalui aktifivitas intelektual manusia, misal pengolahan citra, perencanaan, peramalan dan lain-lain, meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer. Kecerdasan buatan (AI) juga merupakan sebuah cabang dari ilmu komputer yang dalam mempresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk symbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic (Metode Heuristik adalah teknik yang dirancang untuk memecahkan masalah yang mengabaikan apakah solusi dapat dibuktikan benar, tapi yang biasanya menghasilkan solusi yang baik atau memecahkan masalah yang lebih sederhana yang mengandung atau memotong dengan pemecahan masalah yang lebih kompleks) atau dengan berdasarkan sejumlah aturan.

Definisi Teknologi Sistem Cerdas menurut para ahli

Berikut ini adalah definisi yang dikatakan oleh para ahli
S John Mc Cathy, mengatakan pada tahun 1956 bahwa Kecerdasan Buatan adalah ilmu rekayasa yang membuat suatu mesin mempunyai intelegensi tertentu khususnya program komputer yang “cerdas”
S H.A Simon, mengatakan pada tahun 1987 bahwa Kecerdasan buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan intruksi yang terkait dengan pemrograman computer untuk melakukan sesuatu hal – yang dalam pandangan manusia adalah – cerdas.
S Rich and Knight, mengatakan pada tahun 1991 bahwa Kecerdasan buatan merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia.

Sejarah Teknologi Sistem Cerdas
Berawal pada awal abad 17, René Descartes mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin yang rumit. Kemudian pada tahun 1642 Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama. Pada Tahun 1943, Warren McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan “Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas”. Pada Tahun 1950-an, adalah periode aktif dalam AI. Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark 1 di University of Manchester (UK) merupakan sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. Pada Tahun 1960-an dan 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma.  Pada Tahun 1980-an, jaringan saraf digunakan secara meluas dengan algoritme perambatan balik. Pada Tahun 1990-an, ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Dan pada Tahun 2004 sampai sekarang, sebuah pacuan untuk hadiah $2 juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia menggunakan GPS, computer, dan susunan sensor yang canggih.
Contoh Penerapan Teknologi Sistem Cerdas Pada Kehidupan Sehari-hari

Mobile Banking (m-Banking)

Mobile banking atau biasa disebut m-Banking merupakan sebuah layanan yang disediakan bank untuk melakukan semua transaksi perbankan melalui aplikasi yang dapat diunduh dan diinstal melalui ponsel atau smartphone. Dengan m-Banking kita tidak perlu repot repot menghabiskan waktu untuk mencari ATM hanya untuk melakukan sebuah transaksi perbankan, dengan m-Banking kita  cukup dengan membuka aplikasi untuk melakukan sebuah transaksi perbankan dan menghemat waktu. Dengan m-Banking kita bisa melakukan Cek Saldo, Transfer, Membeli Pulsa, Membayar tagihan (Listrik, air,  internet) tanpa perlu antri  dan menunggu lama dan bisa dilakukan dimana saja.
Fitur
Fitur-fitur layanan mobile banking antara lain layanan informasi (saldo, mutasi rekening,  suku bunga, dan lokasi cabang/ATM terdekat); dan layanan transaksi, seperti transfer, pembayaran tagihan (listrik, air, internet), pembelian pulsa, dan berbagai fitur lainnya.

Cara Kerja
Untuk menggunakan mobile banking, pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri terlebih dahulu ke bank. Jika sudah mendaftar kalian dapat memanfaatkan layanan mobile banking dengan cara mengakses menu yang telah tersedia pada aplikasi yang terinstal di ponsel. Apabila anda ingin menggunakan mobile banking melalui aplikasi yang terinstal di ponsel, Kalian harus mengunduh dan menginstal aplikasi pada telepon seluler terlebih dahulu. Pada saat membuka aplikasi tersebut, kalian harus memasukkan User-ID dan password untuk login, kemudian nasabah dapat memilih menu transaksi yang tersedia dan diminta memasukkan OTP saat menjalankan transaksi.

Kesimpulan :
Mengapa “Mobile Banking” dapat dikatakan sebagai teknologi sistem cerdas? Menurut saya, dengan hadirnya “Mobile Banking” ini kita bisa menghemat waktu  dan tidak perlu repot repot mengantri Panjang dan menunggu lama. Cukup menggunakan aplikasinya saja kita bisa melakukan transaksi perbankan apa saja yang kita mau dengan mudah dan cepat

Refrensi :




You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images

Scary Pumpkin

Subscribe