Inovasi E-Money

10.31

        MAKALAH
INOVASI DAN NEW TEKNOLOGI INFORMASI

INOVASI E MONEY

gundar.pngDosen pembimbing : DINA AGUSTEN







Disusun oleh:
KELOMPOK 8
1.      GERALDY SEPTIAN A
2.      MUHAMMAD RIZQY
3.      REVO RIZKY ARINTINO



FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
BEKASI
2017/2018

KATA PENGANTAR


Puji dan Syukur penulis panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam makalah ini penlis membahas mengenai INOVASI PEMBAYARAN NON TUNAI E MONEY
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini.Oleh karena itu penulis mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun.Kritik dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. 
             Terimakasih anda telah meluangkan waktu untuk membaja makalah ini,kami sampaikan terimakasih.














BAB 1
Pendahuluan
            Pada makalah kali ini kami akan membahas masalah tentang e money. Pada saat saat ini perkembangan system informasi semakin maju pesat, semua serba cepat dan mudah.
            Masyarakat semakin mengandalkan teknologi untuk memenuhi kehidupannnya. Jika dulu kita susah berkomunikasi jarak jauh sekarang jangankan untuk mendengarkan suara untuk bertatap muka pun sudah bisa.
            Namun kali ini kita tidak akan membahas perkembangan teknologi bidang komunikasi, kami akan membahas perkembangan teknologi bidang ekonomi. Kita sudah mengenal yang namanya online shop namun perkembangan tidak berhenti sampai disitu tapi lebih berkembang lagi karena uang sekarang hanya berbentuk kartu atau juga di sebut e money. E money merupakan program kerja Bank Indonesia untuk mengurangi pohon yang dijadikan bahan utama uang tersebut.

Rumusan Masalah
1.      Apa itu E money?
2.      Berapakah persentase penggunaan e money?


Tujuan Makalah

1.      Kita dapat mengetahui apa itu e money
2.      Kita dapat mengetahui siapkah masyarakat kita menerima e money tersebut?





Bab 2
Alat pembayaran pada saat ini sudah banyak menggunakan electronic payment, seperti yang sudah kita gunakan pada pembayaran super market dan pembayaran- pembayaran lainya. Cara ini mempermudah kita bertransaksi dengan fleksibel dan tidak repot lagi mengeluarkan uang.
E-Money iyalah salah satu inovasi yang sangat membantu dalam pembayaran salah satunya bisa untuk pembayaran di SPBU, supermarket dan pembayaran di gardu Tol. Dengan begitu pembayaran dalam transaksi tol akan cepat.
Cara menggunakan E-Money­ iyalah terlebih dahulu membeli lalu kita mengisi (top up) saldo dengan nominal 100 ribu (maksimal 1 juta), lalu mendaftarkan kartu E-Money kepada counter penerbit untuk di aktivasi, kemudian kita bisa langsung menikmati kertu E-money.
Pembelian menggunakan E-Money ­akan mendebet sejumblah pembelajaan di setiap transaksi, bila terjadi mutasi transaksi, komputer merchant akan menghubungkan jaringan ke penerbit  E-Money, lalu akan terjadi penghitungan kliring.
Kartu E-Money sama seperti kartu prabayar, pengguna kartu dapat menambah atau mengisi saldo didalam kartu Electronic tersebut, penguna kartu tidak membutuh proses otoritas dan tidak di bebankan dengan rekening nasabah bank.
Keuntungan E-Money berpotensi menggeser peranan uang tunai di dalam transaksi yang bersifat retail.
Sebab nasabah takperlu mengeluarkan uang pas atau menerima kembalian, selain itu dengan mudahnya menggunakan E-Money tidak ada kemungkinan salah menghitung dalam melakukan transaksi menggunakan kartu electronic.
Dari aspek pengunaan, kartu ini menyediakan keunggulan serta kemudahan, seperti didalam aspek teknis, dimana kartu ini tertanam Card-based produc dimana media seperti IC (Integrated circuit) yang tertanam di dalam kartu prabayar, lalu ada juga Software-based product seperti software electronis yang terdapat pada personal komputer.



Contoh kartu e money






Persentase Penggunaan Kartu E money
            Penggunaan e money semakin meningkat karena peraturan PT. Jasa Marga sekarang mengharuskan memakai emoney tersebut. Selain factor tersebut penggunaan e money semakin meningkat karena keamanan lebih terjamin masyarakat karena masyarakat tidak harus membawa uang tunai untuk berbelanja

            Dan juga dapat menambah devisa Negara, seperti diagram yang diatas.













BAB 3
PENUTUPAN
Kesimpulan
            Penggunaan E money semakin meningkat setiap tahunnya. Faktor –factor seperti keamanan dan semakin mudahnya transaksi membuat masyarakat menjadi lebih percaya menggunakan e money tersebut

Saran
          Seharusnya penggunaan teknologi yang semakin maju ini harus lebih ditingkatkan/dimaksimalkan kegunannya














Daftar Pustaka

 File Word

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images

Scary Pumpkin

Subscribe